Media SosialSMM PANELSMM PANEL INDONESIASMM PANEL TERBAIKSMM PANEL TERMURAHSMM PANEL TERPERCAYATips and Trik

3 Aspek Penting dalam Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Media sosial marketing sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak brand, baik yang masih berskala kecil maupun yang sudah berskala internasional. Tidak mengherankan memang, sosial media marketing dianggap sangat efektif untuk berinteraksi langsung dengan audiens dan menumbuhkan loyalitas mereka.

Bagi Anda yang baru akan memulai menjalankan strategi ini, ada 3 aspek penting yang harus Anda perhatikan, yakni:

1. Tentukan Satu Media Sosial Utama

Jika Anda memiliki sumber daya yang masih terbatas, baik itu waktu, biaya, manusia, ataupun ilmu pengetahuan, sebaiknya jangan gunakan lebih dari satu media sosial untuk bisnis Anda. Mengapa? Karena hal ini justru akan membuat strategi sosial media marketing Anda akan berjalan tidak efektif.

Related Articles

Jika Anda hanya bisa memilih satu media sosial, Anda mungkin akan bertanya-tanya, “media sosial mana yang harus saya gunakan?”

Berikut adalah beberapa pertimbangannya:

Ukuran: Sosial media yang memiliki banyak jumlah pengguna, maka akan semakin baik.
Audiens: Sosial media yang paling banyak digunakan oleh target audiens Anda.
Konten: Media sosial yang dapat mendukung konten Anda dengan lebih efektif.
Lalu platform mana yang sesuai? Berdasarkan studi WeAreSocial dan Hootsuite per Januari 2018, Youtube menempati urutan pertama sebagai platform media sosial paling aktif di Indonesia yang mendapat angka 43%, disusul Facebook dengan 41%, Instagram 38%, Twitter 27%, Google+ 25%, dan LinkedIn 16%.

Berdasarkan data di atas, Youtube memang terlihat lebih baik, tapi apakah sesuai dengan konten Anda? Apakah di sana Anda bisa menemukan banyak target audiens Anda? Dengan demikian, tiga pertimbangan di atas haruslah saling melengkapi satu sama lain. Kita tidak hanya melihat dari jumlah pengguna saja, tapi juga harus mempertimbangkan dua faktor lainnya.

2. Tetapkan Kepribadian yang Anda Gunakan

Jika Anda mengikuti beberapa akun bisnis media sosial, Anda pasti akan sadar jika brand image atau kepribadian dari akun-akun tersebut berbeda. Ada yang pembawaannya santai, misalnya Line dan Grab Indonesia, Ada juga yang pembawaannya serius seperti Garuda Indonesia.

Untuk menentukan brand image, Anda perlu menyesuaikan dengan produk atau layanan apa yang Anda jual, dan siapa target audiens Anda. Jika produk Anda lebih dikhususkan untuk generasi milenial, maka pembawaan yang santai dengan dibumbui humor akan lebih baik. Sebaliknya, jika target audiens Anda adalah mereka yang berusia dewasa, akan aneh jika pembawaan Anda terlalu santai.

3. Strategi Konten

Inilah salah satu bagian terpenting dalam media sosial marketing. Tanpa adanya konten yang menarik dan berkualitas, maka semua hal yang Anda lakukan akan percuma. Kesuksesan strategi konten dalam media sosial marketing dapat ditentukan dari 4 hal, yakni:

Jenis Konten: Masing-masing jenis konten akan memiliki tingkat interaksi berbeda-beda, konten jenis visual biasanya akan memiliki interaksi yang lebih tinggi.
Kualitas Konten: Berkaitan erat dengan nilai atau value yang Anda tawarkan, pastikan konten Anda dapat memberikan solusi untuk masalah audiens.
Pemilihan Waktu Posting: Waktu posting sangat berpengaruh terhadap engagement. Jadi meski konten Anda berkualitas, jika diposting pada waktu yang kurang tepat, hasilnya akan kurang efektif.
Frekuensi dan Konsistensi Posting: Frekuensi dan konsistensi dalam memposting akan membuat audiens Anda berpikir bahwa bisnis Anda selalu aktif dan up to date, sehingga akan meningkatkan rasa percaya mereka kepada bisnis Anda.

Demikian pembahasan mengenai 3 aspek penting dalam strategi sosial media marketing yang harus Anda pahami.

Back to top button