Content MarketingDigital Marketing

5 Manfaat Pemasaran Media Sosial

Konsep pemasaran media sosial telah berkembang selama bertahun-tahun. Beberapa tahun yang lalu, satu-satunya tujuan menggunakan saluran media sosial adalah untuk menghasilkan lalu lintas situs web.

Hari ini, telah berkembang menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar tempat untuk menyiarkan konten.

Anda dapat memiliki strategi pemasaran media sosial untuk mencapai berbagai manfaat dari menciptakan percakapan dua arah dengan calon pelanggan untuk memperluas jangkauan apa pun yang Anda jual. Saya akan menyebutkan 5 manfaat teratas dari pemasaran media sosial:

1. SMM Secara Konsisten Menghangatkan Audiens Baru Untuk Bisnis Anda

Tidak ada yang lebih buruk daripada menghadapi audiens yang dingin atau orang-orang yang belum pernah berinteraksi dengan merek Anda sebelumnya.

Pemasaran media sosial membuka pintu ke alat dan taktik yang memudahkan untuk menghangatkan audiens baru untuk bisnis Anda.

Facebook dan platform sosial lainnya memungkinkan Anda menggunakan konten untuk terhubung dengan audiens potensial dan menghangatkan mereka. Meskipun sulit untuk mendapatkan perhatian orang, Anda dapat dengan mudah menerobos kebisingan dengan konten yang menarik.

Misalnya, membuat iklan video Facebook yang menarik dapat mendorong orang untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda.

2. SMM Membangun Hubungan Yang Lebih Kuat Dengan Pelanggan

Jika menurut Anda pemasaran media sosial adalah tentang menjual dan mempromosikan, pikirkan kembali.

Merek yang sukses terhubung dan terlibat dengan audiens media sosial mereka untuk membangun hubungan yang langgeng.

Misalnya, ketika mereka membagikan sesuatu di platform, mereka menanggapi siapa pun yang meninggalkan komentar atau pertanyaan untuk memberikan bantuan apa pun yang mungkin mereka butuhkan.

Daripada menjual produk atau layanan Anda, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada pengikut media sosial Anda tentang produk Anda atau membagikan sesuatu yang dapat membuat hidup lebih mudah bagi audiens Anda.

Dengan cara ini, Anda membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada mereka betapa Anda peduli dengan kebutuhan dan pendapat mereka.

Selalu melayani orang terlebih dahulu sebelum meminta mereka untuk berinvestasi dengan Anda adalah suatu keharusan. Misalnya, salah satu strategi media sosial terbaik yang kami gunakan adalah Komunitas Koperasi Pengusaha Facebook kami.

Kami menggunakan grup Facebook ini sebagai tempat untuk berbicara tentang kehidupan dan bisnis, berbagi pemikiran dan strategi keren, dan benar-benar hanya untuk mengenal orang-orang yang berpikiran sama seperti kami.

Grup Facebook adalah cara yang bagus untuk menggunakan media sosial untuk menumbuhkan audiens setia dari orang-orang yang akan mengadvokasi bisnis atau merek Anda seumur hidup.

3. SMM Menghasilkan Lebih Banyak Prospek & Konversi

Platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedin memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan prospek. Anda dapat menggunakan campuran taktik berbayar dan organik untuk meningkatkan konversi.

Pemasaran video, kampanye iklan berbayar, hadiah, dan keikutsertaan email adalah beberapa strategi utama untuk mendapatkan prospek ke saluran penjualan Anda.

Misalnya, menjalankan kampanye giveaway di Facebook dapat membantu Anda meningkatkan daftar alamat email yang memenuhi syarat.

Karena semuanya terjadi secara online, SMM adalah cara yang terukur, lebih cepat, dan lebih mudah untuk membangun database prospek. Dengan visibilitas yang meningkat, bisnis Anda menemukan banyak peluang untuk konversi.

Konten yang menarik dapat mengarahkan pengikut media sosial Anda ke situs web perusahaan Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan setia.

4. SMM Memberi Anda Keunggulan Pada Pesaing

Bagaimana menemukan pesaing Anda? Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari kehadiran media sosial pesaing Anda, terutama jika Anda baru saja mulai menjelajahi media sosial dan tidak memiliki ide pemasaran yang baik.

Perusahaan progresif selalu memantau pesaing mereka untuk melihat apa yang berhasil untuk mereka dan yang lainnya. Melacak apa yang dilakukan pesaing Anda harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran media sosial Anda.

Anda dapat mulai bereksperimen dengan hal-hal yang berhasil bagi pesaing Anda.

Misalnya, jika iklan Facebook berbayar memberikan hasil yang baik untuk pesaing Anda, Anda harus mencobanya juga. Namun, Anda tidak boleh menyalin pesaing Anda dengan cara yang dapat merusak reputasi Anda. Pastikan untuk menonjol.

Jika Anda ingin melihat jenis iklan Facebook apa yang ditampilkan pesaing Anda kepada audiens mereka, Anda dapat melihat semua yang mereka lakukan dengan mengunjungi perpustakaan iklan Facebook, di sini.

Pustaka iklan memberikan transparansi iklan dengan menawarkan koleksi lengkap dan dapat dicari dari semua iklan yang saat ini berjalan dari seluruh aplikasi dan layanan Facebook, termasuk Instagram.

5. SMM Is Cost-Effective

Social media marketing is probably the most cost-efficient and diverse way of promoting a business. It doesn’t cost anything to create a profile on most social networking sites. In case you want to run a paid campaign to boost your content, the cost is relatively low as compared to other advertising platforms.

When done well, your chances of producing greater returns on your investment are higher. If paid advertising is a part of your social media marketing strategy, be sure to start small and work your way up as you become more comfortable.

There’s always something you can do to improve your digital advertising results. One of the benefits of social media marketing is that it allows you to track your performance and fine-tune your strategy using real-time data.

Back to top button