Digital Marketing

Tools Digital Marketing Metric yang Wajib diketahui Pebisnis

Ingin tahu keberhasilan strategi marketing bisnis mu yang sudah berjalan ? Digital marketing metrics jawabannya

Yaps, melalui digital marketing metrics kamu bisa menganalisis nilai keberhasilan strategi yang sudah kamu gunakan. Kamu bisa melihat seberapa efektif strategi tersebut dalam menunjang pemasaran bisnismu.

Digital marketing metrics ini bisa kamu dapatkan melalui bantuan tools-tools yang ada. Banyak yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan data analisis potensi strategi yang dibuat. Dan dalam artikel ini, kita akan membahas tools-tools potensial yang bisa kamu coba.

Inilah Tools Digital Marketing Metrics Bagi Bisnismu

1. Engagement metrics

Digital marketing metrics ini biasanya terdapat pada tools ads media sosial, seperti Facebook ataupun Instagram. Melalui engagement metrics, kamu bisa mengetahui intensitas interaksi audiens terhadap konten bisnismu. Dengan mengetahui besarnya interaksi ini, kamu bisa memberikan strategi konten yang maksimal. Banyak tools ini yang bisa kamu gunakan, seperti halnya impression, bounce rate hingga average time on page.

2. Website traffic metrics

Sama halnya dengan engagement metrics, tools ini berfungsi untuk mengetahui performa lalu lintas dalam website bisnismu. Melalui tools digital marketing metrics ini, kamu bisa tahu potensi strategi optimasi website yang sudah dilakukan bisnismu. Banyak tools yang bisa kamu gunakan, seperti channel metrics untuk mengetahui saluran terbesar penyumbang traffic website mu, overall traffic berfungsi mengetahui jumlah traffic bisnismu hingga exit traffic yang berfungsi untuk mengetahui intensitas visitor mengunjungi halaman-halaman website bisnismu lainnya.

3. Revenue Metrics

Tools digital marketing metrics ini bisa membantu kamu untuk mengetahui potensi produk atau layanan bisnismu dalam menghasilkan penghasilan bisnis. Dari tools ini, kamu bisa tahu keberhasilan penjualan dari bisnis mu sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan layanan atau produk bisnismu. Bahkan seringkali, banyak pebisnis yang salah & merubah model bisnisnya. Banyak tools yang bisa kamu gunakan, seperti halnya Customer Acquisition Cost (CAC) untuk mengetahui biaya dalam menggaet audiens, Return on Investment (ROI) untuk mengetahui keuntungan penggunaan digital marketing bisnismu hingga Return on Ad Spend (ROAS) untuk mengetahui keuntungan dari pemasangan iklan bisnismu.

4. Conversion metrics

Melalui tools ini, kamu bisa mengetahui tindakan-tindakan yang dilakukan target audiens bisnismu loh ! Misalkan saja keputusan membeli, mendaftar sebagai member, jumlah penonton kontenmu hingga potensi landing page dalam membuat audiens bisnismu melakukan tindakan selanjutnya. Banyak tools conversion metrics yang bisa kamu gunakan, seperti conversion rate untuk mengetahui potensi landing page, Cost per Lead (CPL) untuk mengetahui biaya dalam mendapatkan user baru hingga Click Through Rate (CTR) untuk mengetahui potensi digital marketing yang kamu gunakan.

Melalui berbagai tools digital marketing metrics ini kamu bisa lebih matang dalam melakukan analisis serta evaluasi berbagai strategi digital marketing yang sudah kamu gunakan. Dan dengan melakukan evaluasi, kamu bisa membuat berbagai strategi lain yang lebih menunjang penjualan produk atau layanan bisnismu.

Dan tentunya! Selain memanfaatkan digital marketing metrics, kamu juga perlu selalu meningkatkan berbagai strategi digital marketing bisnismu agar bisa menghasilkan penjualan bisnis yang besar.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!